Kamis, 30 Januari 2014

Perjalanan Adidas Menjadi Merek Sepatu Ternama di Dunia

Bagaimana kisah dibalik tenarnya merek sepatu Adidas?
Bagaimana kisah dibalik tenarnya merek sepatu Adidas?
Siapa sih yang nggak kenal merek Adidas? Sepatu Adidas memang sudah sangat populer saat ini, terutama di kalangan pecinta olahraga. Sejarah merek sepatu terkenal ini bermula pada tahun 1920 ketika Adolf Dassler mencoba membuat sepatu di tempat usaha laundry milik ibunya. Ternyata, sepatu buatan Adolf membuahkan hasil. Pada tahun 1924, Adolf bersama saudaranya, Rudolf Dassler mendirikan “Dassler Brother OGH” yang nantinya menjadi cikal bakal Adidas.
Karena kualitas yang selalu diutamakan oleh perusahaan mereka, pada tahun 1936, mereka berani menjadi sponsor atlet yang bertanding di Olimpiade. Atlet tersebut adalah Jesse Owen, seorang pelari cepat berdarah Amerika-Afrika yang berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Musim Panas 1936. Seketika itu juga, nama Dassler bersaudara menjadi terkenal dan penjualan mereka meningkat drastis. Mereka berhasil menjual 200.000 sepatu sebelum Perang Dunia II.
Sayangnya, setelah kesuksesan tersebut, terjadi perselisihan di antara Adolf dan Rudolf. Maka pada tahun 1948, Rudolf memutuskan untuk berpisah dan mendirikan perusahaan sepatu sendiri dengan merk “Puma”. Sedangkan Adolf meneruskan usahanya dengan nama “Adidas” yang diambil dari nama kecilnya “Adi” dan “Das” dari nama belakangnya, Dassler.
Didukung oleh kemajuan bidang penyiaran dan pertelevisian, Adidas menikmati keuntungan dari even olahraga seperti Olimpiade dan sepakbola, karena logo 3 strip mereka mudah dikenali dari jauh. Adolf pun mendafarkan logo 3 strip sebagai trademark dari Adidas. Pada tahun 1972, logo Adidas mengalami perubahan yakni dengan menggunakan konsep ‘Trefoil Logo’, yaitu logo dengan visual tiga daun terangkai. Konsep tiga daun ini memiliki makna simbolisasi dari semangat Olimpiade yang menghubungkan 3 benua. Sejak saat itulah Adidas menjadi sepatu resmi yang dipergunakan pada Olimpiade di seluruh dunia. Pada tahun 1996, Adidas mengalami modernisasi dengan menerapkan konsep ‘We knew then – we know now’ yang kurang lebih menggambarkan kesuksesan masa lalu dan kejayaan hingga kini. Adapun logo baru yang digunakan secara visual berupa tiga balok miring yang membentuk tanjakan yang menggambarkan kekuatan, daya tahan, serta masa depan. Sejak saat itu logo Adidas tidak pernah mengalami perubahan, serta masih berjaya hingga saat ini.


Sumber : http://sains.me/1949/perjalanan-adidas-menjadi-merek-sepatu-ternama-di-dunia.html/


Categories:

0 komentar: