Bagaimana kisah
dibalik tenarnya merek sepatu Adidas?
Siapa sih yang nggak kenal merek Adidas? Sepatu Adidas memang
sudah sangat populer saat ini, terutama di kalangan pecinta olahraga. Sejarah
merek sepatu terkenal ini bermula pada tahun 1920 ketika Adolf Dassler mencoba
membuat sepatu di tempat usaha laundry milik
ibunya. Ternyata, sepatu buatan Adolf membuahkan hasil. Pada tahun 1924, Adolf
bersama saudaranya, Rudolf Dassler mendirikan “Dassler Brother OGH” yang
nantinya menjadi cikal bakal Adidas.
Karena kualitas yang selalu diutamakan oleh perusahaan mereka,
pada tahun 1936, mereka berani menjadi sponsor atlet yang bertanding di
Olimpiade. Atlet tersebut adalah Jesse Owen, seorang pelari cepat berdarah
Amerika-Afrika yang berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Musim Panas
1936. Seketika itu juga, nama Dassler bersaudara menjadi terkenal dan penjualan
mereka meningkat drastis. Mereka berhasil menjual 200.000 sepatu sebelum Perang
Dunia II.
Sayangnya, setelah kesuksesan tersebut, terjadi perselisihan di
antara Adolf dan Rudolf. Maka pada tahun 1948, Rudolf memutuskan untuk berpisah
dan mendirikan perusahaan sepatu sendiri dengan merk “Puma”. Sedangkan Adolf
meneruskan usahanya dengan nama “Adidas” yang diambil dari nama kecilnya “Adi”
dan “Das” dari nama belakangnya, Dassler.
Didukung oleh kemajuan bidang penyiaran dan pertelevisian,
Adidas menikmati keuntungan dari even olahraga seperti Olimpiade dan sepakbola,
karena logo 3 strip mereka mudah dikenali dari jauh. Adolf pun mendafarkan logo
3 strip sebagai trademark dari Adidas. Pada
tahun 1972, logo Adidas mengalami perubahan yakni dengan menggunakan konsep
‘Trefoil Logo’, yaitu logo dengan visual tiga daun terangkai. Konsep tiga daun
ini memiliki makna simbolisasi dari semangat Olimpiade yang menghubungkan 3
benua. Sejak saat itulah Adidas menjadi sepatu resmi yang dipergunakan pada
Olimpiade di seluruh dunia. Pada tahun 1996, Adidas mengalami modernisasi
dengan menerapkan konsep ‘We knew then – we know now’ yang kurang lebih
menggambarkan kesuksesan masa lalu dan kejayaan hingga kini. Adapun logo baru
yang digunakan secara visual berupa tiga balok miring yang membentuk tanjakan
yang menggambarkan kekuatan, daya tahan, serta masa depan. Sejak saat itu logo
Adidas tidak pernah mengalami perubahan, serta masih berjaya hingga saat ini.
Sumber : http://sains.me/1949/perjalanan-adidas-menjadi-merek-sepatu-ternama-di-dunia.html/
0 komentar:
Posting Komentar